Diskusi Online Bermanfaat atau yang dapat disingkat menjadi Diskomat adalah kegiatan pengganti dari kegiatan rutin sarasehan konseling yang diselenggarakan oleh Divisi Psikoterapi dan Konseling Pegiat Lab. BKI IAIN Surakarta. 

Sebelum era corona, kegiatan serasehan konseling biasanya diadakan dua kali dalam sebulan yang sasarannya adalah seluruh pengurus pegiat Lab. BKI. Sebagai pemateri adalah alumni pengurus pegiat Lab. BKI periode sebelumnya dengan melakukan pembelajaran, sharing, dan dilanjut praktek. Durasi setiap pertemuannya dipatok sekitar dua jam.

Diskomat perdana diadakan pada hari Selasa, (21/04) jam 19.30 WIB. Acara ini dipandu oleh MC, Ervina Dwi Setyarini dan Moderator yaitu Niken Ayuningrum. Adapun pemateri adalah Aji Putra, S.Sos. alumnus BKI angkatan 2015. Sebelum acara dibuka oleh MC, ketua pegiat LAB BKI, Moudy Qolbundiak Susanto memberikan sambutan. Perbedaan lain dengan sarasehan konseling, Diskomat perdana ini ditujukan juga untuk mahasiswa BKI angkatan 2018 dan 2019. Seperti istilah sambil menyelam minum air, selain untuk pembelajaran dan sharing, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan pegiat Lab. Konseling pada mahasiswa BKI, serta menjadi langkah awal pencarian generasi penerus periode berikutnya.

Dalam kesempatan kali ini tema yang dipilih adalah “Menyikapi Burnout Karena Social Missing”. Pembahasan ini dipilih karena netizen sekarang rindu dengan aktivitas sosial secara langsung. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai postingan, instastory, dan WA stories yang banyak mengunggah keasyikan bersama teman-temannya. Bahkan kini muncul  challenge yang dilakukan bersama teman-teman secara jarak jauh. 

Selain itu, banyaknya tekanan berupa kuliah online, tugas serta tanggungan-tanggungan organisasi (bagi yang mengikuti) yang sudah mengantri untuk segera dikerjakan. Dengan belajar dan berkuliah di rumah seperti saat ini memang raga kita berada di rumah, namun rasanya pekerjaan yang harus dikerjakan justru tak kenal waktu. 

Pada hari kerja biasa, maksimal jam 20.00 WIB sudah bisa beristirahat. Kini justru membutuhkan lebih banyak waktu dan kelihaian membagi pikiran. Belum lagi tugas-tugas rumah yang sabar menanti. Akumulasi kegiatan ini tentu tak sedikit menimbulkan tekanan, stress, atau bahkan burnout bagi netizen. Maka dari itu, dalam pembahasan kali ini pemateri menjelaskan mengenai pengertian burnout, dimensi burnout, akibat burnout, dan solusi dalam menghadapi burnout di masa #dirumahaja.

Closing statement dari pemateri adalah jangan menunda pekerjaan, segera laksanakan. Yang telah lalu jangan dijadikan beban karena hidup terus berjalan. Do the best. Jadikan cerita hidup lebih berwarna walau dalam keterbatasan. Tidur secukupnya, rebahan seperlunya, dan produktif selamanya. Dan yang terpenting adalah tetap jaga kesehatan.

Sebagai rencana ke depan, kegiatan ini akan tetap dilaksanakan secara berkala. Pengurus pegiat Lab. BKI juga akan mengundang peserta lebih banyak lagi dengan melibatkan seluruh mahasiswa BKI bahkan untuk umum dengan mengundang dosen sebagai pemateri. Semoga tidak ada halangan. Amin.

3 thoughts on “STAY PRODUCTIVE, PEGIAT LABORATORIUM BKI ADAKAN DISKOMAT”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *