Surakarta_ Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang saya ikuti yaitu salah satunya di pelayanan publik. Dimana menjadi tujuan pertama jika ada tamu. Fungsinya sudah jelas untuk melayani yang menyangkut instansi. Contohnya melayani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosisal (PPKS) baru. PPKS ini terbagi menjadi 4 kelompok yaitu disabilitas, lansia, anak, dan rentan. Di pelayanan public ini saya mengetahui ternyata banyak PPKS yang keluar dari Sentra Terpadu Prof. Dr. SoeharSO Surakarta namun banyak juga yang masuk di Sentra Terpadu Prof Dr. Soeharso Surakarta. Paling tidak seminggu ada 2 hingga 4 PPKS baru yang datang. Dan rentan waktu PPKS berada di Sentra Terpadu Prof Dr. Soeharso kebanyakan 6 bulan namun juga ada yang menjadi anak negara sehingga berada di Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Seumur hidup.  

Kegiatan yang dilakukan di pelayanan publik jika ada PPKS baru datang yaitu dengan assesment terlebih dahulu mulai dari data pribadi, data keluarga, dan permasalahan yang muncul sehingga bisa masuk di Sentra Terpadu Prof Dr. Soeharso Surakarta. Kita juga bertanya kepada PPKS keterampilan apa yang di ingin diambil ketika disini sehingga jika mereka keluar dari Sentra Terpadu mereka punya keterampilan yang mungkin dapat mereka terapkan di kehidupan sehari-harinya kelak. Setelah mengetahui data, mengantar PPKS ke beberapa tempat yang dibutuhkan seperti; Pelayanan medis, Bimbingan Sosial, Psikotest, dan mengantar ke tempat vokasional yang diminati PPKS vokasionalnya ada menjahit, sablon, handy craf (membuat manik-manik), computer, bengkel, elektro, fotografi, tata boga, Instalasi Pelayanan Pengetahuan (IPP) bisa di sebut juga sebagai perpustakaan dan lain sebagainya. 

Untuk dapat menyelsaikan pendataan dan mengantar PPKS baru ketempat-tempat yang di tuju biasanya memakan waktu 2 hari karena memang untuk menyelesaikan 1 tempat biasanya hingga 30 menit bahkan 2 jam. Manfaat yang saya dapat ketika berada pada pelayanan public yaitu saya bisa melihat arsip data PPKS. Data bebertahun PPKS yang keluar masuk dan atau yang masih tinggal. Sehingga jika saya ingin mencari data klien yang saya ambil saya dapat melihat di pelayanan public. Walaupun itu saya juga harus bertanya langsung ke kliennya. Ksaya melihat data di pelayanan public hanya untuk mengecek apakah data yang di jelaskan klien kepada saya sama dan akurat seperti data yang berada di pelayanan publik. 

Di pelayann publik ini, kami dapat menerapkan ilmu perkuliahan yang didapat yaitu ketika diajarkan tentang assessment kepada klien. Kami dapat bertanya secara rinci mulai dari data pribadi klien, data tentang pendidikan, ekonomi, bahkan sosial. Kami juga bertanya tentang keluarga klien mulai dari orang tua kandung hingga orang tua sambung. Jika ada klien atau PPKS yang disabilitas juga bisa bertanya sebab kenapa bisa mendapatkan musibah seperti ini hingga mengakibatkan disabilitas. Di pelayan public, bisa mengatahui sebab apa saja yag dapat membuat klien atau PPKS masuk di Sentra Terpadu Prof. Dr. Sorharso Surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *