Sukoharjo, 14 Februari 2023.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (HMPS BKI) UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan Konseling GEMES (Gemar Menulis). Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus HMPS BKI. Sebagai salah satu program kerja Departemen Dakwah Publik dirasa penting untuk mengadakan kegiatan ini. Keresahan yang menjadi ganjalan adalah, ternyata masih sedikit sekali mahasiswa yang mendayagunakan daya kritis. logis dan sistematis ide mereka dalam bentuk tulisan yang dapat dinikmati banyak orang. .

Bertemakan “Goresan Asa dengan Tinta untuk Menginspirasi Sesama” diharapkan mampu memotivasi mahasiswa untuk mencurahkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan. Pelatihan Press Release perlu dilakukan sedari awal agar teman-teman, utamanya Departemen Dakwah Publik dapat memahami bagaimana cara menulis press release yang baik dan benar, ujar Luthfi Rohmatus selaku ketua panitia. Meskipun tulisan merupakan bentuk manifestasi dari ide dan daya kreatif seseorang, kebenaran dapat pula bersifat subjektif, setidaknya kebenaran tentang sebuah tulisan memberikan sudut pandang yang berbeda.

Zulfa Nuaini, berharap dengan adanya Konseling GEMES ini pengurus HMPS BKI mampu menulis sebuah press release yang bisa menginspirasi sesama. “Untuk membuat sebuah press release kita perlu mencantumkan unsur 5W+1H agar informasi yang kita berikan jelas”, Imbuh Fika Winda Hamidah.

Di akhir acara, pemateri berpesan “Agar press release bisa diterbitkan di website ternama, kalian perlu membuat press release yang menarik dan menginspirasi”. Dengan kata lain, menarik secara konten (informatif) atau menarik secara susunan bahasa. Untuk meningkatkan keterampilan menulis sangat dianjurkan agar peserta banyak membaca. Sehingga ungkapan menulis sebagai seni sekaligus media untuk mengaktualisasikan diri dapat diterapkan dikalangan mahasiswa, khususnya bagi departemen dakwah publik.

Alhamdulillah acara demi acara berjalan dengan lancar.

~ Salam konsi

Always be Family

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *