PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BERBASIS PROGRAM YANG BERMUTU TAHUN 2022 “PELATIHAN KOMUNIKASI ASSERTIF (ASSERTIVE TRAINING) BAGI PELAJAR DI SMP IT INSAN MULIA SURAKARTA”

Kegiatan Pengabdian Kepada Mayarakat Prodi Bimbingan dan Konseling Islam dilaksanakan di SMP IT Insan Mulia Surakarta. Berdasarkan hasil studi lapangan masih terdapat beberapa siswa SMP yang belum “berani” untuk menolak ajakan teman sebaya mereka secara tegas tanpa menyinggung teman yang mengajak mereka. Sebagian besar siswa memilih untuk menyenangkan ajakan teman mereka meski pada dasarnya mereka juga tidak bersedia secara penuh terlibat dalam ajakan tersebut. Sebagai contoh jika ada teman mengajak bermain ketika siswa sebenarnya sudah ada jadwal belajar kelompok, maka lebih mementingkan ajakan teman untuk bermain, sementara kegiatan belajar kelompok lebih mengutamakan penyelesaian tugas meski tidak bertemu secara langsung dalam proses belajar kelompok yang terpenting tugas terselesaikan. Akan tetapi ketika mengikuti ajakan teman untuk bermain juga tidak sepenuhnya keinginan pribadi, melainkan lebih didominasi karena untuk menjaga hubungan pertemanan. Hal ini jika dibiarkan akan berdampak pada gaya komunikasi siswa yang cenderung mengorbankan kebutuhan pribadi dan lebih mengutamakan orang lain. Oleh sebab itu siswa perlu dikenalkan dan diajarkan gaya berkomunikasi assertif dalam rangka mengajarkan kepada siswa agar mampu berkomunikasi yang efektif sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Adapun pelaksanaan pelatihan komunikasi assertif ini berlangsung selama 2 hari sejak hari jum’at dan sabut, 27-28 Mei 2022. Hari pertama dilaksanakan secara kelompok besar dengan 30 peserta siswa dengan rincian 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Di hari pertama tim pengabdian diterima langsung oleh kepala sekolah SMP IT Insan Mulia Bapak Wahyudi S.Kom., M.Pd. Tim menjelaskan ulang tentang hasil observasi awal dan tujuan dari pelaksanaan pengabdian. Dibantu dengan staf akademik dan guru BK SMP IT Insan Mulia, tim pengabdian menjelaskan tentang berbagai macam gaya komunikasi. Pemateri pertama Bapak Galih Fajar Fadillah., M.Pd menjelasan tentang gaya komunikasi assertif, metode, cara dan tujuannya. Reaksi siswa sangat beragam, namun sebagian besar siswa baru mengerti tentang masalah komunikasi yang selama ini mereka gunakan. Sesi Akhir dari pertemuan awal ini, dipandu oleh Ibu Ulfa Fauzia Argestya M.Si. Beliau menjelaskan tentang penugassan di sesi akhir pertemuan yakni, siswa diminta untuk mengisi angket dan penugasan tentang kondisi-kondisi sosial yang mereka jumpai berkaitan dengan permasalahan komunikasi.

Hari ke-dua, sabtu 28 Mei 2022. Peserta pelatihan yang telah diseleksi dan mengikuti pertemuan sebelumnya dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Dari kelompok kecil tersebut beserta fasilitator/ tim pengabdian membahas penugasan yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. Selama pembagian kelompok kecil banyak siswa yang lebih terbuka untuk berbagi tentang permasalahan gaya komunikasi mereka, bahkan permasalahan yang sifatnya pribadi. Kegiatan ditutup dengan pembagian kenang-kenangan bagi siswa yang mengikuti pelatihan assertif (assertive training).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *