Surakarta_ PPL Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Mas Said Surakarta tahun 2022 di SLB D/D1 YPAC Surakarta melaksanakan kegiatan pelatihan Bimbingan Keterampilan Kreasi mozaik dari cangkang telur (Jum’at, 2 September 2022)

Bimbingan keterampilan ini diikuti siswa-siswi tunadaksa SLB D/D1 YPAC Surakarta kelas 1, 2 dan 3 dengan jumlah peserta 10 siswa, 3 laki-laki dan 7 perempuan. Kegiatan ini dimulai pukul 8.00  hingga 10.00 pagi dengan di dampingi satu wali kelas ibu titin. Di akhir kegiatan anak-anak digerakkan untuk mencuci tangan, untuk menjaga kebersihan setelah berkreasi dengan limbah cangkang telur.

Bimbingan keterampilan ini bertujuan untuk melatih gerak motorik tangan anak melalui kegiatan menempel cangkang telur pada kertas sajian roti. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, pasalnya setelah mereka selesai membuat satu karya ingin mencoba membuat lagi. Di samping melatih gerak motorik tangan anak, kegiatan ini juga memberikan inspirasi bagi orang tua anak dalam mengisi kegiatan anak di rumah, papar salah satu orang tua siswa. Kegiatan bimbingan keterampilan membuat hiasan dari cangkang telur ini diharapkan bisa menjadi kegiatan yang  membantu anak-anak tunadaksa dalam melatih otot-otot gerak, melatih anak menjaga kebersihan setelah selesai melakukan kegiatan dan menambah kreativitas anak memanfaatkan limbah dengan keterbatasan yang dimilikinya. 

Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini sebagai kelanjutan dari program P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam kurikulum merdeka belajar dan guru pendamping kami ibu Tri Mulyani, M.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *