Klaten_ Kegiatan PPL kami laksanakan pada tanggal 14 Agustus -14 September 2023 di SLB BC DHARMA ANAK BANGSA. Karena bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, maka dari itu kami mengadakan lomba 17an untuk siswa siswa SLB. Perlombaan dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 14-16 Agustus. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa siswi SLB, dari berbagai macam ketunaan, yaitu tunagrahita, tunawicara, tunarungu, tunadaksa dan autis. Selain siswa, guru dan orang tua wali murid juga ikut serta dalam perlombaan ini. 

Pada hari pertama, lomba yang dilaksanakan adalah lomba makan kerupuk. Dimulai dari tingkat Pendidikan paling dasar yaitu SDLB kelas 1, lalu berlanjut hingga kelas 6 SDLB. Kemudian dilanjut tingkat Pendidikan SMPLB, setelah itu berlanjut tingkat Pendidikan SMALB. Setiap jenjang diambil satu orang untuk masuk ke semi-final dan bertanding dengan ketiga jenjang, setelah itu diambil juara satu dua tiga. Kemudian lanjut pada hari kedua yaitu dengan perlombaan (DAR DER DOR), perlombaan ini melatih konsentrasi dan pendengaran siswa siswa SLB. 

Perlombaan dimulai seperti halnya dengan hari kemarin, namun setelah siswa selesai, perlombaan dilanjutkan oleh para guru dan orang tua wali murid. Pada hari ketiga, lomba yang dilaksanakan adalah lomba estafet kelereng. Sama seperti dengan lomba lomba sebelumnya yang dimulai dari tingkat Pendidikan SDLB hingga SMALB. Setelah pelombaan selesai dilaksankan, acara selanjutnya pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah kepada yang juara. Kemudian kegiatan penutup pada peringatan hari kemerdekaan yaitu dengan upacara kemerdekaan  tanggal 17 Agustus 2023. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *