Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah lanjutan dari kegiatan sebelumnya dengan tema yang berbeda. Yaitu “Digital Parenting: Strategi Menangani Cyber Bullying) pada hari Ahad, 20 dan 27 Maret 2020 di SDIT NU Boyolali. Hadir juga dalam kesempatan tersebut pengurus dari Lakpesdam PCNU Boyolali. Dengan total jumlah peserta 30 orang.

Tim kedua ini terdiri dari Nur Muhlashin, M.A, Dr. Isnanita Novia Andriyani, M.Pd.I dan Agit Purwo Hartanto M.Pd. Narasumber pertama menyampaikan tentang pola interaksi anak dan orang tua saat pandemi. Muhlashin juga menambahkan bahwa selain mengawasi aktivitas anak,  orang tua juga perlu memahami anak bahwa mereka membutuhkan juga sikap demokratis dari orang tua seperti apabila anak diminta untuk mengatur penggunaan gawainya maka orang tua harus juga mencontohkan secara konkrit terkait cara mengatur gadget di saat berada di rumah.

Narasumber kedua, Isnanita menjelaskan bahwa ancaman cyber bullying semakin nyata di era digital. Sehingga orang tua perlu memahami strategi dalam membantu anaknya untuk menghidari perilaku cyber bullying. Dalam penjelasan lebih lanjut ia memaparkan bahwa dampak dari cyber bullying tidak dapt kita sepelekan karena akan menimbulkan traumatik yang mendalam yang berdampak pada perkembangan anak mengalami kendala. 

Gayung bersambut dengan materi dari narasumber terakhir Agit, begitu sapaannya, ia menambahkan bahwa untuk mencegah anak terlibat dalam perilaku cyber bullying, orang tua perlu menerapkan parenting yang humanis. Parenting yang mengedepankan kasih sayang dan belas kasih orangtua kepada anak. Karena anak yang terdidik dengan pola asuh yang otoriter, dia akan terjebak pada ketakutan yang berlebihan. Apalagi jika dia terkena kasus bullying, maka dia akan enggan bercerita dengan orangtuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *