Sarasehan konseling sudah menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh Divisi Psikoterapi Pegiat Laboratorium BKI IAIN Surakarta. Kegiatan sarasehan konseling ini biasanya diadakan dua minggu sekali atau bisa dikatakan 2 kali dalam sebulan dan bertempat di laboraturium BKI, dengan menghadirkan pemateri yang tidak lain adalah alumni lulusan BKI. Tidak jarang dalam saresahan ini juga menghadirkan dosen mata kuliah tertentu untuk menjadi pemateri. Durasi waktu setiap pertemuan kurang lebih adalah 2 jam.

Divisi Psikoterapi mensiasati dengan mengganti acara sarasehan menjadi online via WA dengan judul DISKOMAT (Diskusi Online Bermanfaat). Sebelumnya acara serupa telah diselenggarakan pada Selasa, 21 April 2020. Jadi DISKOMAT yang dilasanakan pada Senin, 18 Mei 2020 kemarin merupakan DISKOMAT part II, dengan menghadirkan Shofi Puji Astiti, M.Pd. I yang merupakan salah satu dosen BKI IAIN Surakarta, dan juga merangkap sebagai dosen Psikologi di IAIN Salatiga. 

Kali ini acara DISKOMAT part II dimoderatori oleh Anugrah Misyela, mahasiswi BKI angkatan 2017, dan dipimpin oleh Delia Rakhmadani Yuniar yang merupakan mahasiswi BKI semester 4. peserta DISKOMAT part II ini tidak lain adalah mahasiswa BKI IAIN Surakarta seluruh semester bahkan diiukuti oleh beberapa alumni, dengan total peserta 93 orang. Dengan Durasi waktu sekitar 2 jam, yang dimulai dari pukul 10.00-12.00.  

Tema yang dipilih adalah “Mahasiswa BKI Sebagai Relawan Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid-19” .pembahasan ini dipilih karena seperti yang kita semua tahu bahwa tidak jarang masyarakat sekitar kita yang mengalami takut yang berlebihan dalam menyikapi pandemi covid-19. Sedangkan ada kendala saat akan melakukan proses konseling secara tatap muka. Nah, pada kendala ini konselor harus pandai-pandai mengambil jalan tengah.

Pada pembahasan DISKOMAT part II ini, konselor diharapkan menguasai media online. Selain itu konselor juga bisa mengganti proses konseling secara tatap muka dan dialihkan melakukan konseling online, melakukan konseling online dalam pandemic covid-19 saat ini itu wajib. Lalu apa sih fungsi dari konseling online itu sendiri? Fungsi dari konseling online salah satunya ialah mencegah, pengembangan dan pengentasan psychology first aid (pertolongan pertama psikologis), membantu mengatasi, dan mereduksi kecemasan itu sendiri. 

Dalam DISKOMAT kali ini juga dijelaskan hal-hal yang bisa dilakukan oleh calon konselor ataupun relawan dari mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam. Salah satu di antaranya adalah berbagi tips mendeteksi stress dan manajemen emosi di tengah wabah covid-19, berbagi tips menumbuhkan energi positif di tengah wabah pandemi covid-19, dan berbagi tips menjalin relasi menyenangkan di tengah pandemi covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *