Sukoharjo_ Setelah penyerahan mahasiswa PPL dan pengarahan, kemudian dilanjutkan dengan apel pagi dan senam bersama dengan staf karyawan serta Penerima Manfaat (PM) di panti pada pukul 07.00-07.30 WIB. Kemudian pukul 07.45-09.00 WIB dilaksanakan bimbingan klasikal, dan dilanjutkan dengan bimbingan keterampilan dari pukul 09.00-15.00 WIB dan malam pun diisi dengan bimbingan klasikal sesi malam dari pukul 19.00-21.00 WIB. Setelah semua kegiatan selesai, sebelum penerima manfaat dapat beristirahat, dilaksanakan apel malam terlebih dahulu. Kegiatan seperti ini dilakukan setiap hari Senin-Sabtu sedangkan untuk hari Minggu penerima manfaat diberikan hari libur yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat atau melakukan hobi atau aktivitas positif lainnya.

Dalam pelaksanaan bimbingan klasikal, pada setiap harinya terdapat tema tersendiri. Untuk hari Senin diberikan bimbingan budi pekerti, hari Selasa bimbingan sosial, hari Rabu bimbingan motivasi, disiplin dan etika kerja, hari Kamis bimbingan keagamaan dan spiritual, hari Jum’at bimbingan fisik dan kesehatan jasmani, dan hari Sabtu dilakukan bimbingan karakter berupa seni bela diri. Dari awal hingga akhir masa kegiatan PPL, mahasiswa BKI ikut serta dalam semua kegiatan penerima manfaat yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Pada hari Selasa, 29 Agustus 2023, mahasiswa PPL melaksanakan program kerja utama yaitu hipnoterapi. Dalam kesempatan ini, pemateri merupakan salah satu Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta yaitu, Faqih Annisa, M.Pd, CHt, CEAP. Kegiatan ini diawali dengan serangkaian persiapan dari mulai pembentukan kepanitiaan hingga mempersiapkan tempat kegiatan bersama penerima manfaat (PM). Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00-10.35 WIB. Kegiatan hipnoterapi ini dihadiri dan diikuti oleh kepala Panti, staf karyawan dan seluruh Penerima Manfaat (PM) dengan total peserta sekitar 70 orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *