Boyolali_ Mahasiswa PPL Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kegiatan Diskusi Hangat, Kegiatan ini sebagai langkah mahasiswa PPL dalam mengimplementasikan apa yang telah dipelajari saat diperkuliahan selama 6 semester. Dilaksanakan di Aula Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Pamardi Utomo Boyolali pada Hari Sabtu (02/09).

Diskusi Hangat kali ini mengusung tema “Edukasi Pencegahan Seks dan Perawatan Diri Sejak Dini”. Materi diskusi hangat disampaikan oleh pemateri dengan membahas mengenai pengetahuan seksual, gender, dan pelaku seksualitas yang dimana memiliki peranan penting bagi anak-anak remaja saat ini. Seksual adalah aktifitas seks yang juga melibatkan organ tubuh lain baik fisik maupun non fisik serta salah satu kesenangan dan kenikmatan yang ditujukan baik laki- laki maupun perempuan.

Nisa Kamila selaku pemateri yang memberikan penjelasan mengenai masa perkembangan seksual pada remaja serta menjaga bertingkah laku dalam hal seksual, dengan tiga poin yaitu orientasi dan karakteristik seksual, gander, dan pelaku seksual serta dengan dampak yang dapat terjadi.

Harapan dari diskusi ini untuk menciptakan pemahaman dan memberikan manfaat, serta pengetahuan mengenai pentingnya edukasi seksual dan perawatan diri sejak dini. “Menyukai lawan jenis itu boleh temen temen, itu fitrah. Tpdalam menyukai tentu harus ada batasannya, inget kalian ada aturan” syariat yang perlu dijalankan. Jadi kalau pacaran jangan sampai keblabasen, jaga diri kalian. Jaga diri seseorang yg kalian sukai. Ada tiga lokasi di tubuh kaliah yang gaboleh di sentuh sama orang lain. Pertama bibir, kedua dada, terakhir kemaluan”, ujar Nisa Kamila selaku pemateri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *