Surakarta_ Agenda kegiatan senam lansia setiap pagi hari jum’at pukul 08.00 -08.30 wib dihalaman depan Panti Wreda. Para lansia sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti gerakan senam lansia yang dipimpin oleh ibu-ibu yang sewa panti untuk memimpin senam lansia tersebut. Adapun manfaat untuk lansia jika melakukan senam lansia secara rutin yaitu meningkatkan kualitas, mengkontrol kadar gula darah, sehinga bisa mencegah osteoporosis.

Di akhir pelaksanaan senam para lansia beristirahat, makan dan minum yang sudah disedikan setelah sudah tidak berkeringat para lansia mandi dan berganti pakaian serta langsung kembali  melakukan aktivitas seperti biasa. Kegiatan ini bersifat wajib dan semua lansia diharuskan mengikutinya.

Senam lansia adalah serangkaian gerakan atau latihan fisik yang dilakukan oleh orang lanjut usia untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Jenis aktivitas ini memiliki gerakan yang teratur, searah dan terencana, yng disesuaikan dengan berbagai perubahan tubuh pada lansia. Bisa dikatakan faktor jasmani menjadi faktor prioritas selain dari faktor psikis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *