Pada hari Jum’at (7/8) jam 13.00, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam melaksanakan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan untuk mahasiswa angkatan 2017 alias mahasiswa semester VII. Kegiatan tahunan ini akan dimulai per-tanggal 10 Agustus – 30 September 2020 dengan durasi hanya sebulan dari rentang waktu di tanggal tersebut.

Pemateri adalah Alfin Miftahul Khairi, M.Pd, Sekprodi BKI IAIN Surakarta. Kegiatan yang dilaksanakan via Zoom dan live streaming youtube ini berlangsung selama -/+ 2 jam. Dengan audien yang berjumlah 205 mahasiswa. Tak lupa juga Kaprodi BKI, Dr. Lukman Harahap, M.Pd memberikan sambutan ketika acara berlangsung.

PPL di tahun 2020, lokasinya bervariasi dan mayoritas bertempat di Solo Raya. Dari lembaga pemerintahan seperti Dinas Sosial Kabupaten, Sekolah Luar Biasa, Badan Narkotika Kabupaten, Rumah Sakit hingga LSM yang bergerak di ranah sosial, seperti panti asuhan, perlindungan perempuan dan  perlindungan kaum marjinal. Tentunya semua harus sesuai dengan mematuhi protokoler kesehatan.

Sebagai penutup, Kaprodi menekankan bahwa PPL yang akan dilaksanakan selama sebulan harus benar-benar dimaksimalkan oleh mahasiswa praktikan. Teori yang sudah mereka pelajari selama tiga tahun lamanya perlu dipraktikkan di lokasi PPL. Karena teori tanpa praktik, ibarat wisuda tanpa skripsi, hambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *