Dalam kondisi pandemi, kewajiban Tri Dharma Pendidikan harus tetap terlaksana. Salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Kali ini, bertempat di Pondok Pesantren Al-Mustofa Sawit, Boyolali, prodi BKI melakukan pengabdian masyarakat pada hari Selasa, 7 Juli 2020.

Acara yang berlangsung satu hari ini bertema, “Santri dan Pandemi: Kiat Menjadi Pribadi Produktif” dengan pemateri Triyono., M.Si., dan Vera Imanti., M.Psi., Psikolog. Turut pula hadir Kaprodi BKI IAIN Surakarta, Dr. Lukman Harahap., M.Pd dan Sekprodi, Alfin Miftahul Khairi., M.Pd.

Pada sesi pertama, pemateri mengharapkan santri dapat bertahan selama berlangsungnya wabah covid 19 dan dapat produktif dengan melakukan banyak kegiatan bermanfaat seperti: menghafal, mengaji dan banyak kegiatan produktif lainnya. 

Dalam menghadapi covid-19, kita juga diharapkan memiliki mental yang kuat, karena masih banyak hal yang bisa dilakukan selama pandemi. Seperti memahami kondisi dan berdamai dengan diri sendiri, menjaga imun tubuh, menjaga jarak dengan orang-orang yang sering cemas, memilah-milih informasi yang menimbulkan kecemasan, dan selalu bermanfaat untuk orang lain.

Sebagai penutup, Lukman selaku Kaprodi BKI IAIN Surakarta menekankan pentingnya santri untuk terus beraktifitas di tengah pandemi. Banyaknya kegiatan atau aktifitas di pondok justru membuat santri kerasan dan terhindar dari rasa cemas berlebihan akibat covid-19. 

One thought on “Prodi Bimbingan Konseling Islam Melakukan Pengabdian Masyarakat di Pondok Pesantren Al-Mustofa Sawit Boyolali (1)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *